News 5 Manfaat Membaca Berita

Kamu senang membaca berita? Entah itu membaca berita di surat kabar, majalah, televisi, atau radio dari smartphonemu melalui aplikasi Opera News. Ternyata membaca berita memiliki banyak manfaat untuk kita, lho. Enggak percaya? Nih dia, beberapa manfaat yang akan kita dapatkan jika membaca berita secara rutin:

Pengetahuan

Dengan membaca berita kamu akan mendapat pengetahuan dan juga informasi terbaru seperti perkembangan di dunia bisnis, kebijakan-kebijakan baru yang diterapkan di Jakarta (aturan plat ganjil/genap kendaraan bermotor misalnya), atau informasi mengenai berbagai pertandingan olahraga, yang akan berguna nantinya. Semakin banyak informasi dan pengetahuan yang kamu dapat, maka akan semakin membuat wawasanmu semakin kaya.

Menambah Kosakata

Jika rutin membaca berita setiap hari, kamu akan mendapatkan banyak kosakata baru. Kata-kata tersebut akan berguna dan bisa kamu gunakan ketika mengerjakan tugas kuliah, pekerjaan, ataupun ketika harus melakukan komunikasi secara formal.

Meningkatkan Konsentrasi

Siapa yang sangka, bahwa berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ahli neurobiologi dari Stanford University, Natalie Phillips,  membaca berita selama kurang lebih 15 hingga 20 menit sebelum berangkat ke kampus atau kantor dapat meningkatkan konsentrasimu. Membaca berita melatih diri dan juga otak kita untuk lebih fokus kepada satu permasalahan.

Mengurangi StresMembaca berita mampu mengurangi efek stres yang manusia rasakan. Sekelompok ilmuwan dari Sussex University, Amerika Serikat, menemukan fakta bahwa membaca buku pada malam hari, sebelum tidur, dapat mengurangi kadar stres seseorang hingga 68%. Dengan membaca, manusia akan merelaksasi otaknya dan membuat syaraf-syaraf tegang menjadi rileks. Cobalah membaca berita-berita yang ringan, seperti berita olah raga, entertainment, ataupun berita-berita viral yang lucu  

Mencegah Alzheimer

Kegiatan membaca, seperti membaca berita, ternyata mampu menjaga sel otak tetap hidup, sekaligus mencegah penyakit alzheimer dan demensia pada otak kita.  Karena dengan membaca, otak tetap aktif dan membuatnya tidak mudah hilang ingatan. Bisa dibilang, membaca adalah sebuah "latihan" bagi otak manusia agar tetap fit.  

Itu dia 5 manfaat membaca berita secara rutin bagi kita. Siapa yang sangka, jika membaca berita dengan rutin turut membantu menjaga otak agar tetap sehat. Bagi kamu yang tidak sempat baca berita, karena terlalu sibuk tak usah khawatir. Karena ada aplikasi Oblo News, aplikasi baca berita yang memiliki fitur news bar dan pop-up notification. Oblo News juga memiliki fitur AI yang cerdas. Jadi kamu akan selalu mendapatkan update terbaru dari dari berbagai berita terfavorit, tanpa harus ribet browsing. Jika kamu sibuk dan tidak dapat segera membaca beritanya, kamu juga bisa dengan mudah menyimpannya untuk nanti dengan fitur offline reading. Asyik banget kan?! Masih belum punya aplikasinya? Download aja Oblo News di Google Play. Gratis lho!