Ketahuilah !!! Inilah Amalan - amalan Yang Boleh Di Lakukan Muslimah Saat Sedang H4id

M3nstru4si merupakan proses fisiologis bagi seorang perempuan. M3nstru4si terjadi secara berskala dan dipengaruhi oleh h0rmon. M3nstru4si merupakan fitrah seorang perempuan dan merupakan ketentuan dari Tuhan.
“Sebenarnya ini adalah hal telah menjadi ketetapan Allah atas putri- putri Adam.” (HR Bukhari dan Muslim). 
 

Islam memberikan keringanan bagi muslimah yang sedang m3nstru4si. Saat m3ntru4si muslimah diharamkan untuk salat tetapi tidak perlu untuk mengqadha’nya. Saat m3nstru4si muslimah diharamkan berpuasa di bulan Ramadhan namun harus menggantinya di lain waktu. Islam juga melarang muslimah membaca Alquran, masuk masjid, serta berhubungan badan dengan suami saat m3nstru4si. Islam juga melarang muslimah melakukan tawaf di ka’bah saat  m3nstru4si. Selain itu islam juga melarang muslimah yang sedang m3nstru4si untuk menyentuh Al Quran. Hal ini sesuai hadis rasul, “Tidak boleh

menyentuh Alquran kecuali engkau dalam keadaan suci.” (HR. Al Hakim).

Firman Allah, “Mereka bertanya kepadamu tentang h4id. Katakanlah: “H4id itu suatu kotoran”. Oleh sebab itu, hendaklah kamu menjauhi diri dari wanita di waktu h4id; dan janganlah kamu mendekati mereka sebelum mereka suci.” (Al-Baqarah: 222)

Walaupun demikian, muslimah tidak perlu bersedih hati. Masih ada beberapa amalan yang bisa dilakukan muslimah saat m3nstru4si, diantaranya:

1. Boleh membaca Alquran tanpa menyentuh lembarannya atau bisa dengan mengunakan bantuan alat seperti HP, tablet, atau komputer.
Para ulama menyimpulkan bahwa muslimah yang sedang m3nstru4si boleh membaca Alquran asalkan tidak menyentuhnya, atau muslimah dapat menggunakan kain penghalang atau lainnya agar tidak langsung memegang Al Quran. 
2. Muslimah tetap boleh berzikir dan berdoa saat haid.
3. Muslimah tetap boleh memperdalam ilmu agama dengan membaca buku- buku islami.
4. Muslimah dapat mendengarkan ceramah atau mendengarkan orang membaca  Alquran, bisa melalui televisi, hp, tablet atau pun komputer.
5. Muslimah boleh bersedekah, infak, dan amalan sosial lainnya.
6. Muslimah bisa menolong sesama manusia dan berbagi ilmu.
Semoga bermanfaat.

Sumber: Ummi-online.com



CAR,HOME DESIGN,HEALTH, LIFEINSURANCE,TAXES,INVESTING,BONDS,ONLINETRADING,